Tips dan Cara Membuat Taman Rumah Minimalis

Dalam artikel kesempatan ini, kita sedikit akan mengulas berkenaan taman rumah. Mempunyai taman yang rapi dan cantik jadi mimpi semua pemilik rumah. Akan tetapi, untuk merealisasikan taman mimpi di dalam rumah tidak segampang yang dipikirkan. Banyak keluh kesah yang terjadi dalam tentukan design taman seperti tempat yang sempit, perawatan yang tidak teratur, dan sebagainya. Walau sebenarnya taman yang cantik akan percantik penampilan rumah Anda keseluruhannya.

Tips dan Cara Membuat Taman Rumah Minimalis

1. Ide taman rumah yang bersatu dengan design rumah

Berencana ide taman rumah ialah hal pertama kali yang harus Anda lihat. Rumah minimalis akan searah dengan ide taman yang minimalis. Jauhi pemakaian ide yang tidak searah di antara rumah dan taman karena akan jadi memperburuk penampilan rumah keseluruhannya. Kebalikannya, ide yang searah akan tingkatkan nilai rumah Anda. Dalam masalah ini, banyak ide yang bisa diaplikasikan pada taman rumah misalnya : minimalis, tropis, tradisionil, healing garden, classic, kekinian, japanese, dan sebagainya.

2. Tentukan denah taman seperti design rumah

Sesudah memperoleh ide yang diharapkan, waktunya mengawali membuat denah taman di dalam rumah. Tetapkan tempat basah, tempat kering, pemisah, posisi tanaman, posisi batu-batuan, kolam (jika ada). Dalam membuat denah, yakinkan Anda memberi jarak yang cukup di antara tanaman yang satu sama yang lain. Jarak yang begitu dekat akan menyebabkan tanaman kekurangan gizi dan mempunyai potensi mati.

3. Penyeleksian tanaman seperti ide design rumah

Sesudah denah ditetapkan, waktunya Anda pilih tanaman yang sesuai ide taman rumah. Untuk tempat taman yang masih kurang besar, jauhi pemakaian tanaman yang bisa tumbuh besar seperti tanaman buah dan tanaman peneduh. Ketahui watak dari tanaman yang diputuskan. Jika Anda type orang yang kurang hoby menjaga taman, pilih tanaman yang lebih tahan pada cuaca dan tidak gampang layu.

4. Penyeleksian material taman rumah

Taman bukan hanya selalu mengulas tanaman, tetapi ada beberapa komponen yang lain bisa dipakai seperti bermacam jenis bebatuan. Tipe batu-batuan yang digabungkan dengan tanaman akan memunculkan macam warna yang elok.

5. Pengairan dan penerangan pada Taman Rumah

Mekanisme pengairan dan penerangan yang cukup, akan jaga taman masih kelihatan fresh. Mekanisme pengairan (drainase) akan menghindar Anda dari pekerjaan teratur menyiram tanaman. Disamping itu, tanaman akan lebih terurus karena keadaan tanah yang tidak begitu basah atau kering. Disamping itu, sinar matahari yang cukup benar-benar diperlukan untuk bermacam tipe tanaman, khususnya tanaman bunga.

Apa saja tipe taman yang ingin Anda hadirkan, yakinkan Anda telah memerhatikan banyak hal itu supaya taman masih bersatu dengan design rumah dan mempermudah pekerjaan Anda dalam perawatannya. Anda dapat menimbang menempatkan tanaman di rumah dengan pot atau membuat vertical garden jika tempat rumah lebih terbatas.

6. Vertical Garden atau Taman Vertical pada Design Rumah Minimalis

Sekarang ini, design rumah minimalis dibikin dengan rerata luas tempat sebesar 90 m2 s/d 150 m2, untuk rumah kelas menengah. Biasanya rumah dengan luas tempat semacam ini terbagi dalam 2 lantai dengan luas bangunan 100 m2 s/d 200 m2. Cukup banyak yang demikian beli rumah dari developer lalu merenovasi rumah untuk menambahkan beberapa keperluan ruang lain seperti gudang, kamar pembantu, kamar mandi, atau yang lain.

Oleh karena itu, sejumlah rumah dengan keadaan tempat yang terbatas, tidak mempunyai halaman belakang yang cukup buat jadi taman. Walau sebenarnya, tiap rumah memerlukan ruangan terbuka yang hijau untuk percantik ruang dan menambahkan suplai udara ke rumah. Bukan hanya itu, ruangan terbuka bisa menambahkan sinar matahari untuk masuk di di rumah hingga lebih sehatkan.

Dengan luas tempat yang makin terbatas sudah pasti bisa menjadi rintangan tertentu dalam membuat design rumah. Salah satunya gagasan yang dapat kamu aplikasikan di dalam rumah kamu ialah membuat taman vertikal atau vertical garden. Dalam artikel kesempatan ini akan diterangkan sedikit berkenaan taman vertikal itu, sementara untuk tehnis pengerjaan taman vertikal dapat kamu dapatkan pada artikel yang lain.

Taman vertikal pada konsepnya ialah tanaman yang diatur demikian rupa secara vertikal hingga memberi nuansa hijau dalam satu ruangan tertentu. Taman vertikal bisa dipakai pada indoor atau outdoor, umumnya dipakai pada ruang dengan luas tempat yang sempit, hingga manfaatkan ketinggian dari media dinding satu ruang itu. Media yang dipakai dapat berbentuk dinding beton, batu alam, kayu, besi, baja ringan, pipa, dan yang lain.

Pada penerapannya, taman vertikal banyak dipakai pada bidang residensial dan komersil, baik indoor atau outdoor. Untuk material yang dipakai tidak harus berbentuk tanaman asli, banyak pula design taman vertikal yang memakai tanaman tiruan. Dan tidak tutup peluang bila taman vertikal ini digabungkan dengan taman horisontal atau kolam, yang berbentuk peningkatan dari gagasan taman vertikal tersebut.

Untuk diaplikasikan pada design rumah, makin lebih menarik jika taman vertikal dibikin pada dinding taman belakang dengan ketinggian sampai kurang semakin sedikit di atas plafon (+/- 4 m). Hingga taman vertikal akan kelihatan manis dari di rumah. Kamu dapat membuat gabungan sama air terjun atau batu-batuan alam yang ditempatkan di bawahnya. Untuk berencana taman vertikal pada design rumah, yakinkan kamu sudah tahu semua keperluannya supaya keperluan perawatannya telah dipersiapkan dari awalnya. Karena memiliki bentuk yang vertikal, perawatan taman vertikal makin lebih mempersulit dibandingkan taman biasa.

Pada konsepnya, beberapa langkah pengerjaan vertical garden pada design rumah minimalis sama dengan pengerjaan taman horisontal biasanya. Yang perlu jadi perhatian ialah dimulai dari ide, penyeleksian tanaman, perawatan, pengairan, dan lain-lain. Tetapi pada pengerjaan vertical garden, masih sedikit ada ketidaksamaan yang perlu dipahami dalam pembikinannya, yakni :

Media Tanam

Penanaman tanaman pada vertical garden tidak bermakna langsung dilaksanakan pada dinding atau material semacam. Tetapi, memerlukan tempat tanam dan pengerjaan kerangka lebih dahulu hingga tanaman segera dapat tumbuh di media itu. Kerangka dan tempat tanam bisa dibuat dari baja ringan, besi, kayu, batu, dan lain-lain. Kerangka berikut yang akan menyokong tempat tanam pada dinding hingga tanaman akan tumbuh vertical, seolah-olah melekat pada dinding langsung. Tempat tanam yang dipakai bisa berbentuk botol, pipa, pot, dan ada banyak kembali.

Tipe tanaman

Tipe tanaman yang dipakai pada vertical garden bagusnya ialah tanaman dengan perawatan yang relatif gampang dan kuat. Tidak boleh memakai tanaman yang gampang rontok atau memerlukan perawatan yang susah karena pada vertical garden posisi tanaman dapat ada pada ketinggiaan tertentu yang tidak dapat dijangkau tanpa alat tolong tangga.

Lihat mekanisme pengairan

Dalam membuat vertical garden, tempat tanam yang dipakai ada yang memakai pipa pralon yang disambungkan dengan sumber air hingga pengairan dapat lewat pipa itu. Atau Anda dapat menyiraminya dengan manual dengan selang air seandainya bisa mencapai semua sisi taman.

Taman vertikal banyak dipakai pada tempat tinggal tempat tinggal atau bangunan komersil seperti mall, perkantoran, restaurant, atau lainnya. Semakin terbatasinya tempat khususnya di perkotaan, memakai design rumah dengan taman vertikal semacam ini menjadi alternative percantik bangunan Anda. Tetapi harus dikenang jika dalam membuat, Anda pun harus menimbang secara masak banyak hal yang disebut barusan.

Dan seharusnya taman vertikal dilokasikan pada dinding sisi luar hingga tidak mengakibatkan kerusakan pada dinding sisi dalam bangunan. Terkecuali Anda memakai media tambahan untuk melapis dinding, itu juga seharusnya Anda pun memeriksa keadaan dinding secara periodik. Untuk pengerjaan dalam ruang, Anda bisa menukar tanaman hidup dengan tanaman plastik yang minim perawatan.

Layanan Kontraktor untuk Taman Rumah

Membuat taman yang elok bukan kasus gampang. Meskipun kelihatan simpel, pengaturan material dan tanaman pada taman harus diperkirakan dengan detil. Dengan demikian, ide taman segera dapat bersatu dengan ide bangunan. Semestinya, semenjak rencana design rumah, telah dilaksanakan plotting posisi dan luas tempat yang disiapkan untuk taman.

Jika Anda memerlukan layanan kontraktor untuk kerjakan taman rumah, Anda bisa mengontak Niscala Garden. Dengan pengalaman dalam kerjakan bangunan di bidang residensial dan komersil, Intinusa Persada menjadi jalan keluar pas untuk keperluan Anda. Intinusa Niscala Garden, salah satunya layanan kontraktor yang paling dipercaya dalam kerjakan konstruksi taman dan pendukungnya. Kontak Niscala Garden di website www.niscala-garden.com

Tukang Taman Surabaya berkualitas dan bergaransi, juga melayani seluruh wilayah pulau jawa dan bali.