Smart TV kini menjadi pilihan karena kemudahan aksesnya dibanding dengan TV biasa. Jika kamu tertarik memilikinya, ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan mulai dari model hingga rekomendasi cicilan elektronik online yang aman.

Kini sudah jamannya menggunakan smart TV dengan sambungan internet bukan lagi dengan antena. Penggunaannya yang mudah karena OS yang mirip dengan smartphone. Apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Kini tayangan YouYube dan berbagai film tidak lagi harus ditonton di smartphone atau komputer dan laptop. Tapi sudah merambah ke smart TV.

Bisa jadi karena tayangan TV konvensional atau antena acaranya kurang menarik ditonton oleh generasi sekarang. Belum lagi dengan regulasi pemerintah yang akan menghapus TV konvensional dan beralih ke TV digital.

Tapi kini kamu akan menemukan berbagai macam jenis dan pilihan smart TV terbaik. Saking banyaknya, kamu pasti bingung harus membeli smart TV yang seperti apa. Apalagi jika puluhan smart TV di pajang di toko elektronik.

Nah, jika kamu berencana untuk membeli smart TV, kamu harus jadi pembeli yang smart juga dong. Maka, simak tips-tips berikut ini.

  • Ukuran layar

Dari dulu orang membeli TV salah satu pertimbangannya adalah ukuran layar. Sebab ini menentukan di mana kamu akan meletakan TV tersebut dan untuk memenuhi kebutuhan menonton juga. Semakin lebar akan semakin mahal harganya.

Tentukan dahulu TV berapa inch yang sesuai dengan kebutuhan dan ruanganmu. Jangan sampai membeli terlalu besar namun ketika diletakkan di ruangan rumahmu, ukurannya tidak sesuai.

  • Jenis layar

Seiring berkembangnya teknologi modern, kini TV hadir dengan banyak jenis kualitas layar, mulai dari LED, QLED, OLED. Ketiganya memiliki kualitas gambar yang berbeda, Kamu harus paham perbedaan ketiganya.

Selain itu kamu juga harus tau berapa resolusi yang akan kamu pilih. Sekarang terdapat banyak pilihan, ada HD, Full HD, 2K, 4K. Tentunya, lebih baik resolusinya lebih mahal harganya.

Tapi tidak perlu khawatir, karena dengan cicilan elektronik online dari Kredivo. Kamu bisa membeli smart TV impianmu dengan cara mencicil sehingga lebih ringan. Kredivo punya fitur cicilan 3 bulan tanpa bunga. Cukup bayar biaya admin saja sebesar 3%. Limitnya juga bisa mencapai Rp30 juta bagi member premium.

Kredivo bisa dipakai untuk bertransaksi baik secara online maupun offline. Kamu bisa beli smart TV di Electronic City atau gerai yang sudah memiliki fitur pembayaran QRIS. Tinggal scan saja dari aplikasi Kredivo saat melakukan transaksi. Kemudian tentukan cicilannya sesuai dengan kemampuan finansial.

  • Refresh rate

Selain resolusi dan jenis layar, ada pula refresh rate untuk menentukan seberapa halus perpindahan gambar pada layar TV kamu. Yang paling umum adalah 60Hz. 

Tapi untuk smart TV sekarang sudah ada yang mencapai 220Hz. Semakin besar satuannya semakin halus gambar yang dihasilkan.

  • Audio

Nah, biasanya pertimbangan untuk membeli smart TV adalah kualitas audionya. Kamu pasti ingin merasakan pengalaman menonton bioskop di rumah dengan kualitas yang hampir sama. Salah satunya mempertimbangkan juga kualitas audio ketika menonton film.

Banyak juga jenisnya bagaimana audio itu dihasilkan. Pastikan itu sesuai kebutuhan kamu. Semakin baik tentu semakin mahal. 

Tapi, kamu juga harus menyesuaikan dengan ukuran ruangan kamu. Jangan sampai ketika menonton, semua perabot seisi ruangan ikut bergetar akibat audio smart TV mu yang berlebihan.

  • Merek dan Harga

Yang terakhir yang harus kamu tentukan adalah merek. Merek yang terkenal dan sudah umum, pasti terjamin kualitas dan garansinya. Layanan purna jual lebih terjamin serta ketersediaan suku cadang. Pastikan juga merek menjadi pembelian paling laris di sektor penjualan smart TV.

Ada banyak merek, namun umumnya yang kita jumpai adalah merek dari Korea dan China. Bahkan, merek China kini bermunculan semakin banyak, hingga kita tidak tahu itu merek asal negara mana. Bukan berarti merek asal China buruk, melainkan perlu dipertimbangkan kualitas, spesifikasi, serta layanan purna jualnya agar barang yang dibeli memiliki value lebih. 

Harga Smart TV

Untuk harga, smart TV sangat bergantung pada kualitas dan fitur apa saja yang disajikan. Tapi umumnya smart TV menggunakan OS Android yang fiturnya hampir sama dengan smartphone Android kamu.

Kamu bisa menonton youtube, netflix, disney dan layanan lainnya. Kamu tinggal download aplikasinya langsung dari play store yang berada di smart TV.

Harga terendah untuk smart TV biasanya di kisaran 2 juta rupiah. Setidaknya kamu bisa memperkirakan berapa biaya yang diperlukan untuk memboyong smart TV idaman.

Itulah beberapa tips buat kamu yang mau membeli smart TV. Selamat menikmati tayangan di TV yang baru!