Ada banyak jenis rumah atau hunian di Indonesia, namun beberapa di antaranya menjadi pilihan banyak orang. Selain mencari dari segi harga seperti mencari rumah murah malang atau kota lainnya, banyak yang memilih berdasarkan kebutuhan serta kondisi pada waktu tersebut.

Setiap jenis tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung dari penghuninya. Tidak ada pilihan yang terbaik secara umum, yang ada hanyalah pilihan yang paling sesuai dan cocok dengan kebutuhan penghuninya.

5 Jenis Rumah yang Sering Dipilih di Indonesia

Berikut ini adalah 5 jenis rumah atau hunian yang paling umum dipilih oleh masyarakat Indonesia terutama di kota:

  1. Jenis Cluster

    Seiring dengan maraknya pembangunan perumahan oleh para developer, pemilihan cluster sebagai tempat tinggal menjadi semakin umum. Rumah di cluster biasanya memiliki desain serupa sehingga tidak perlu bingung menentukan desain di awal pembelian rumah.

  2. Rusun atau Rumah Susun

    Hunian yang sering dipilih berikutnya akan sangat umum ditemui di kota-kota besar yaitu rumah susun. Keberadaan rusun sangat umum di kota-kota yang memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi terutama dari kalangan pendatang yang mencari harga rumah di malang atau daerah lain yang terjangkau.

  3. Jenis Rumah Prefabrikasi

    Jenis rumah satu ini merupakan hunian dengan proses pembangunan yang fleksibel. Hal ini karena rumah prefabrikasi bisa dibuat di tempat tertentu lalu diangkut ke tempat tujuan dimana pembelinya memiliki lahan untuk dihuni. Rumah prefab ini sangat cocok bagi yang membutuhkan hunian dalam waktu yang singkat.

  4. Jenis Townhouse

    Jenis hunian berikutnya mungkin lebih dekat dengan perumahan eksklusif. Meskipun townhouse mirip seperti perumahan pada umumnya, namun jumlah bangunan di perumahan ini terbatas sehingga bisa dibilang wilayah eksklusif.

  5. Jenis Apartemen

    Tidak bisa dipungkiri bahwa di kota-kota besar apartemen menjadi pilihan yang sangat umum. Lokasinya yang berada di pusat kota, dekat dengan berbagai tempat termasuk perkantoran, serta memiliki desain yang mewah membuatnya menjadi pilihan utama bagi para pekerja atau pebisnis di kota.

Apapun jenis rumah yang dipilih, yang terpenting dari sebuah rumah atau hunian adalah kenyamanan serta sesuai dengan kebutuhan. Rumah murah Malang bisa menjadi pilihan apabila memang menginginkan hunian di Malang dengan harga yang terjangkau.