1. Blokir semua kemungkinan gangguan

kesulitan belajar

Sekarang, ini mungkin poin yang jelas untuk dibuat, tetapi ini pasti salah satu yang paling penting dalam menemukan cara untuk menghindari gangguan saat belajar.

Tahukah Anda bahwa, rata-rata, kita membutuhkan 23 menit untuk kembali fokus pada pekerjaan kita setelah diganggu?

Jika, seperti kebanyakan dari kita, Anda menemukan diri Anda mengangkat telepon Anda segera setelah Anda melihat layar berkedip, atau memeriksa email Anda saat peringatan baru muncul, Anda akan tahu bahwa ponsel, aplikasi, dan situs web dapat menjadi kematian bagi semua orang. produktifitas.

Menggunakan pemblokir situs, mematikan notifikasi Anda, atau – bahkan lebih baik lagi – menempatkan perangkat elektronik Anda sama sekali tidak terlihat akan membantu Anda terhindar dari semua gangguan dan membantu Anda tetap fokus pada studi Anda.

Menurut sebuah proyek penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh Universitas Harvard, ketika kita menerima pemberitahuan media sosial, otak kita mengirimkan dopamin kimia di sepanjang jalur penghargaan kita, membuat kita merasa baik. Dopamin dikaitkan dengan semua hal yang kita sukai, termasuk makanan, olahraga, dan game. Dan baru-baru ini, media sosial.

Seiring waktu, pukulan dopamin ini menjadi adiktif, dan kita lebih mendambakan perasaan positif itu. Dengan demikian, rentang perhatian kita mulai memendek, karena kita semakin sering melihat ponsel.

Baca Juga : Jasa Les Privat, Biaya Les Rumahan

Oleh karena itu, menghilangkan gangguan ‘merasa nyaman’ ini pada periode waktu ketika kita perlu fokus tidak hanya dapat membantu kita melatih otak kita untuk tetap fokus dalam jangka waktu yang lebih lama, tetapi juga membantu kita menghindari kecanduan smartphone dan perangkat elektronik lainnya. perangkat.

Tentu saja, kita tidak bisa menghilangkan semua gangguan. Terkadang, cukup mudah untuk keluar dari zona dan mendapati diri Anda menatap dinding selama beberapa saat. Tetapi menyembunyikan apa pun yang ‘menarik’ yang Anda kaitkan dengan kesenangan, relaksasi, atau bersosialisasi, akan sangat membantu Anda untuk tetap di jalur dan tidak terganggu.

  1. Cobalah Teknik Pomodoro

Baru-baru ini, Teknik Pomodoro dipuji karena membantu siswa dan pekerja untuk membantu tetap fokus dan membuat sesi kerja mereka lebih fokus.

Premisnya sangat sederhana: pilih tugas untuk dikerjakan, atur timer, kerjakan hingga berdering (terputus sepenuhnya), lalu istirahat sejenak. Biasanya, Anda disarankan untuk belajar selama 25 menit dan memiliki waktu istirahat 5 menit, lalu ulangi sampai tugas selesai. Tapi itu benar-benar turun ke apa yang terbaik untuk Anda.

Telah ditemukan bahwa istirahat pendek meningkatkan kemampuan kita untuk berkonsentrasi, memungkinkan otak Anda membantu dengan cepat menghidupkan kembali dan mempersiapkan ‘tugas’ waktu fokus berikutnya. Teknik Pomodoro memungkinkan Anda untuk melakukannya, dan akan memastikan sesi belajar Anda secara keseluruhan lebih fokus dan pada akhirnya, efektif.

Baca Juga : Biaya Les Privat per Hari, Biaya Les SD Per Bulan

Tetapi selain membantu Anda tetap termotivasi saat belajar, Teknik Pomodoro juga memberi Anda kesadaran yang lebih baik tentang waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan berbagai tugas, memungkinkan Anda untuk membuat jadwal belajar yang lebih efektif. Anda dapat menghitung berapa banyak ‘tugas’ belajar yang telah Anda selesaikan dengan cara ini, dan mendapatkan penilaian yang lebih akurat tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Tidak meyakinkan? Cobalah mengatur waktu untuk menyelesaikan tugas dan lihat berapa lama waktu yang dibutuhkan. Kemudian, coba selesaikan tugas serupa menggunakan Teknik Pomodoro dan lihat metode mana yang membutuhkan waktu paling sedikit. Anda mungkin hanya terkejut!

Ingat, kunci keberhasilan Teknik Pomodoro adalah bekerja lurus sepanjang waktu, tanpa gangguan. Ini berarti tidak perlu membalas email, tidak melompat untuk menuangkan segelas air untuk diri sendiri. Langsung saja waktu belajarnya.

  1. Catat semua tugas yang telah Anda selesaikan

Kesulitan Belajar Part 2

Cara hebat lainnya untuk tetap fokus saat belajar adalah dengan mengingatkan diri sendiri secara teratur tentang semua pekerjaan yang telah Anda selesaikan sejauh ini. Seringkali, belajar, terutama pada awal tugas revisi yang panjang, bisa terasa seperti prestasi besar. Namun, jika Anda dapat memantau kemajuan Anda saat Anda pergi, dan mencatat semua yang telah Anda capai, Anda harus dapat tetap fokus – didorong oleh rasa pencapaian.

Ada dua alasan utama mengapa melacak penyelesaian tugas Anda sangat bermanfaat:

  • Mudah untuk memantau jika Anda memenuhi tujuan yang ditetapkan dalam jadwal belajar Anda
  • Melihat kemajuan Anda sangat penting untuk meningkatkan semangat dan membantu Anda tetap termotivasi

Terkadang, hanya belajar itu sendiri bisa menjadi kegiatan yang tidak selalu mudah diukur. Tetapi jika Anda melacak semua tugas yang telah Anda selesaikan, Anda akan memiliki gagasan kemajuan yang jauh lebih baik dan seberapa dekat Anda bergerak menuju tujuan Anda. Selain itu, Anda akan diingatkan tentang betapa produktifnya Anda, yang akan membantu Anda dalam jangka panjang untuk tetap fokus pada studi Anda.

Baca Juga : Les Calistung Terdekat, Guru Private